Belajar bisnis (1)

Bismillah.

Kali ini saya ingin memberikan beberapa hal yang harus kita ketahui dulu sebelum memulai sebuah bisnis. Tulisan ini akan menjadi berseri dikarenakan saya masih belajar bagaimana mengelola sebuah bisnis dan membagikan semua hal mengenai bisnis untuk kalian pencinta dunia bisnis.

Mungkin bagi sebagian orang ketika berbicara mengenai bisnis maka akan menemukan jawaban atau pertanyaan seperti ini, “Saya sudah enak, bos. Nggak pingin repot-repot lagi”, “Enaknya bisnis apa?”, “Saya tidak punya bakat bisnis!” dan masih banyak yang lainnya.

Memang saya akui berbisnis perlu modal, relasi, barang, marketing, dan harus kesana-kemari untuk mengurus segalanya. Tapi, itulah kesenangan dalam berbisnis.

Mari kita mulai dari awal apa saja yang harus kita lakukan dalam memulai berbisnis. (Ini adalah pandangan pribadi penulis dan tanpa menyinggung siapapun)

1. Niat

Ya niat adalah modal utama dalam berbisnis. Mungkin ada yang berkata, “Kalau niat ya saya sudah punya mas”. 😀

Ya tapi itulah yang saya yakini. Niat disini adalah niat yang kuat untuk membangun sebuah bisnis. Niat yang bagi saya bukan hanya semata atas “uang” semata, walaupun saya tahu itu juga diperlukan di dunia sekarang (sangat perlu malah. hahaha). Namun juga niat lain seperti menolong sesama, aktualisasi diri, dan yang paling penting adalah Tuhan.

Ya, anda tidak salah bapak/mas/mbak/ibu. Tuhan adalah awal dari niat kita. Saya adalah seorang muslim, maka akan saya bahas sedikit mengenai masalah ini.

Dalam Al-Qur’an, Surat Adz-Dzariyat ayat 56 disebutkan artinya :

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”

Bahwa Allah menciptakan manusia dan jin hanya untuk menyembahnya. Jadi, segala hal yang kita lakukan ya memang untuk menyembahnya. Termasuk BISNIS ini. Pada kenyataannya untuk selalu menjaga niat untuk Allah semata tidak semudah ketika berbicara. Namun, itulah yang saya yakini dan bagikan kepada pembaca.

“Lantas jika sudah saya niatkan untuk Allah, terus saya dapat apa?”. Ini juga yang menjadi pertanyaan saya dulu. Jawabannya adalah semua hal. Baik itu orderan, pelanggan, besar atau kecilnya bisnis kita, semuanya itu berasal dari ALLAH. Hal ini pun banyak yang tertuang dalam ayat ayat suci Al-Qur’an. seperti :

“…… dan tidak satu pun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya” (Surah Hud, ayat 6)

“Siapakah yang dapat memberi kamu rezeki jika Allah menahan rezeki” (Surah Al-Mulk, ayat 21)

“Allah-lah yang menyempit dan yang meluaskan (pemberian rezeki) dan kepada kamu dikembalikan” (Surah al-Baqarah, ayat 245)

dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin masih tidak percaya dengan hal tersebut. Karena mungkin pembaca lagi sedang ditimpa masalah yang saya rasa tidak kunjung bertemu dengan solusinya. Ketika hal ini terjadi maka  saya mengingat perkataan teman saya Kang Yudhis. Dia berkata, “Orang yang beruntung adalah orang yang dekat dengan Tuhan-Nya”.

“Bagaimana bisa seperti itu?” ya kan dekat dengan Tuhan, minta saja langsung. Mengenai solusi atas masalah tersebut. Simpel. Hehe.

Memang kadang kita yang membuatnya ribet sendiri. Termasuk saya juga. Namanya juga manusia vroh. 😀

In sya Allah, tulisan ini akan berlanjut dan semoga bisa bisa bermanfaat bagi para pembaca. Aamiin.

Penulis: Web Harian

Pencinta dunia web design dan web development

Tinggalkan Balasan

